3.2.a.3. Mulai dari Diri - Modul 3.2
Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.
Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?
Ekosistem dalam suatu sekolah terdiri atas sumber daya yang ada
di lingkungan sekolah tersebut seperti Komite, kepala sekolah, anak didik, wali
siswa dan warga sekitar.
Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh
hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan
lingkungannya. Dalam hal ini, jika kita membayangkan sekolah atau tempat saya
bertugas jika diibaratkan sebagai sebuah ekosistem yaitu terdapat komponen
biotik dan abiotik dalam sekolah. komponen biotik terdiri dari Kepala sekolah,
guru, staf karyawan, murid, dsb. sedangkan komponen abiotik isi misi sekolah,
kurikulum, faktor keuangan, saran prasarana, humas, kepegawaian, lokasi strategis
sekolah, dll. Kedua lingkungan tersebut saling bersinergi satu dengan lainnya
guna menciptakan lingkungan belajar berbudaya positif.
Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh
hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan
lingkungannya. Dalam hal ini, jika kita membayangkan sekolah atau tempat saya
bertugas jika diibaratkan sebagai sebuah ekosistem yaitu terdapat komponen
biotik dan abiotik dalam sekolah. komponen biotik terdiri dari Kepala sekolah,
guru, staf karyawan, murid, dsb. sedangkan komponen abiotik isi misi sekolah, kurikulum,
faktor keuangan, saran prasarana, humas, kepegawaian, lokasi strategis sekolah, dll. Kedua lingkungan tersebut saling
bersinergi satu dengan lainnya guna menciptakan lingkungan belajar berbudaya
positif.
Apa saja
yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan
oleh sekolah?
Perhatikan
untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.
sumber daya yang dapat dimanfaatkan sekolah seperti pendidik,
peserta didik, kepsek, dan sumber belajar lainya.
Sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah
yaitu Sumber Daya Manusia seperti kepemimpinan kepala sekolah, sistem manajemen
sekolah, kompetensi guru di sekolah, kurikulum, fasilitas sekolah, jaringan
kemitraan sekolah, pemanfaatan teknologi, serta sumber daya alam dan lingkungan
sekitar.
Sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah
yaitu Sumber Daya Manusia seperti kepemimpinan kepala sekolah, sistem
manajemen sekolah, kompetensi guru di sekolah, kurikulum, fasilitas sekolah,
jaringan kemitraan sekolah, pemanfaatan teknologi, serta sumber daya alam dan
lingkungan sekitar.
Refleksikan
sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.
Apa hal-hal
yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di
ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?
yang saya ingat sosok pemimpin di tempat saya adalah sosok yang
bijak dan demokratis
Kepemimpinan Kepala sekolah memegang peranan penting dalam
menciptakan ekosistem sekolah yang sehat dan produktif yang mengoptimalkan
semua sumber daya yang ada. Saya mencoba merefleksikan sosok pemimpin kepala
sekolah di tempat saya, beliau merupakan pribadi yang sangat disiplin dan taat
terhadap aturan. setiap keputusan yang diambil berlandaskan pada aturan yang
berlaku. Kebijakan-kebijakan yang digunakan sangat prosedural sesuai dengan
pengetahuan dan pengalaman yang pernah dialami. Mampu menjalin kemitraan yang
baik dengan masyarakat dan lingkungan sekitar sekolah untuk bersama-sama
mewujudkan tujuan pendidikan .
Kepemimpinan Kepala sekolah memegang peranan penting dalam
menciptakan ekosistem sekolah yang sehat dan produktif yang mengoptimalkan
semua sumber daya yang ada. Saya mencoba merefleksikan sosok pemimpin kepala
sekolah di tempat saya, beliau merupakan pribadi yang sangat disiplin dan taat
terhadap aturan. setiap keputusan yang diambil berlandaskan pada aturan yang
berlaku. Kebijakan-kebijakan yang digunakan sangat prosedural sesuai dengan
pengetahuan dan pengalaman yang pernah dialami. Mampu menjalin kemitraan yang
baik dengan masyarakat dan lingkungan sekitar sekolah untuk bersama-sama
mewujudkan tujuan pendidikan .
Jadi,
seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan
semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumber daya yang ada di dalam dan
sekitar sekolah?
peran pemimpin adalah membawa perubahan positif dengan
memanfaatkan sumber daya yang ada
Pemimpin sekolah yang ideal adalah seorang pemimpin yang mampu mengayomi
seluruh warga sekolah, selalu bermusyawarah dalam mengambil keputusan untuk
kepentingan sekolah, mengapresiasi prestasi kinerja warga sekolah dengan baik,
memberikan contoh teladan yang baik dalam bersikap, bertutur kata, menciptakan
lingkungan kerja yang kondusif aman dan nyaman untuk Guru dan semua warga
sekolah. Dalam memecahkan masalah harus bisa berlaku adil dan netral. Selalu
bersikap terbuka terhadap semua guru di sekolah dengan melakukan musyawarah
dalam setiap pengambilan kebijakan di sekolah.
Pemimpin sekolah yang ideal adalah seorang pemimpin yang mampu mengayomi
seluruh warga sekolah, selalu bermusyawarah dalam mengambil keputusan untuk
kepentingan sekolah, mengapresiasi prestasi kinerja warga sekolah dengan baik,
memberikan contoh teladan yang baik dalam bersikap, bertutur kata, menciptakan
lingkungan kerja yang kondusif aman dan nyaman untuk Guru dan semua warga
sekolah. Dalam memecahkan masalah harus bisa berlaku adil dan netral. Selalu
bersikap terbuka terhadap semua guru di sekolah dengan melakukan musyawarah
dalam setiap pengambilan kebijakan di sekolah
Silakan
refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.
Sejauh mana
Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya
sekolah?
peran saya dalam ekosistem sekolah saat ini adalah sebagai
pendidik yang berusaha untuk memfasilitasi anak didik agar bisa berkembang
dengan baik.
saat ini saya mempunyai peran sebagai guru kelas, di mana saya
mempunyai tanggung jawab untuk mendampingi dan juga mengarahkan siswa-siswi
saya selama 3 tahun ke depan, sesuai dengan arahan dari bapak kepala sekolah,
untuk memaksimalkan pelayanan kami, maka di sini saya juga mengadakan home visit,
untuk mengetahui kondisi keadaan orang tua siswa, baik secara ekonomi maupun
secara keseharian siswa kami. dalam kapasitas sebagai guru kelas, kami juga
berperan aktif untuk menyampaikan program-program unggulan bapak kepala
sekolah, di mana selain untuk menyampaikan progres perkembangan sekolah,
sebagai juga sarana dan prasarana kami untuk mempromosikan sekolah.
Guru yang mampu memberikan pengaruh serta menciptakan hubungan
harmonis dan selaras dengan kepala sekolah, pengawas, teman sejawat, murid, dan
tenaga kependidikan serta mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Kekuatan
yang saya miliki berpikir ke depan untuk mampu mengelola dan memaksimalkan aset
positif untuk kemajuan belajar. Senantiasa mewujudkan pendidikan yang berpihak
pada murid dengan memanfaatkan segala lingkungan biotik dan abiotik yang
terdapat pada ekosistem sekolah
Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai
seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?
- Diri sendiri
- Murid
- Sekolah
diri
sendiri: berusaha
menjadi pendidik yang bertanggung jawab
murid: agar dapat belajar dan bermain yang
bermakna untuk bekal pendidikan selanjutnya
sekolah: bisa berkembang menjadi lebih baik
Diri sendiri: mampu mengelola
sumber daya yang terdapat di sekolah, mampu membuat strategi pengelolaan sumber
daya, mampu memetakan sumber daya yang terdapat di sekolah, dan mampu
menganalisis sejauh mana potensi kekuatan yang dimiliki sekolah serta tidak
mudah mengeluh terhadap kekurangan yang dimiliki dan menjadikan kekurangan
sebagai sumber ketercapaian tujuan dan atau visi misi sekolah.
Murid: Adanya perubahan yang signifikan dalam pengelolaan sumber
daya sekolah sehingga kebermanfaatannya dapat dirasakan secara utuh dan
maksimal oleh murid.
Sekolah: mampu mengelola sumber daya secara efektif dan maksimal
secara berkelanjutan dengan melakukan review program sekolah serta evaluasi dan
membuat rancangan tindak lanjut dan melaksanakannya.
Harapan bagi,
A. diri sendiri: mampu mengelola sumber daya yang terdapat di
sekolah, mampu membuat strategi pengelolaan sumber daya, mampu memetakan sumber
daya yang terdapat di sekolah, dan mampu menganalisis sejauh mana potensi
kekuatan yang dimiliki sekolah serta tidak mudah mengeluh terhadap kekurangan
yang dimiliki dan menjadikan kekurangan sebagai sumber ketercapaian tujuan dan
atau visi misi sekolah.
B. Murid: Adanya perubahan yang signifikan dalam pengelolaan
sumber daya sekolah sehingga kebermanfaatannya dapat dirasakan secara utuh dan
maksimal oleh murid.
C. Sekolah: mampu mengelola sumber daya secara efektif dan
maksimal secara berkelanjutan dengan melakukan review program sekolah serta
evaluasi dan membuat rancangan tindak lanjut dan melaksanakannya.
Apa saja
kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?
Dengan banyaknya sumber daya yang dimiliki sekolah, tentu
banyak harapan yang ingin kami capai setelah mempelajari modul ini.
antara lain : kami berusaha mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki
sebagai suatu kekuatan dan aset. kami dapat merencanakan, menginisiasi dan
mengorganisasi kerangka program pengembangan sekolah yang mendorong
kepemimpinan murid berbasis data dan bukti. kami dapat memfasilitasi pelibatan
orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah untuk
peningkatan kualitas belajar murid. dan kami dapat menggunakan sumber daya
sekolah secara efektif untuk meningkatkan kualitas belajar
Kegiatan:
Diskusi: Membahas tentang peran dan tanggung jawab masing-masing
unsur dalam ekosistem sekolah.
Simulasi: Melakukan simulasi untuk mengelola sumber daya sekolah
secara efektif.
Proyek: Mengerjakan proyek bersama untuk meningkatkan kualitas
pendidikan di sekolah.
Materi:
Konsep ekosistem sekolah: Memahami apa itu ekosistem sekolah dan
bagaimana saling terkait.
Peran dan tanggung jawab: Memahami peran dan tanggung jawab
masing-masing unsur dalam ekosistem sekolah.
Manfaat:
Meningkatkan pemahaman tentang ekosistem sekolah: Peserta modul
akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa itu ekosistem sekolah dan
bagaimana semua saling terkait.
Yang saya harapkan materi mudah untuk dimengerti dan dipelajari.
Materi kepemimpinan yang mudah untuk di terapkan di kelas dan di sekolah. saya
berharap dalam modul ini adanya bukti praktik baik bagaimana cara mengelola
sumber daya yang ada di sekolah secara efektif, strategi pengelolaan sumber
daya, cara membuat pemetaan sumber daya, dan cara menganalisis potensi kekuatan
sumber daya yang ada di sekolah. Manfaat yang diharapkan pada modul ini yakni
saya mampu mengaplikasikan materi yang akan saya pelajari terkait pengelolaan
sumber daya yang dimiliki sekolah.
Posting Komentar untuk "3.2.a.3. Mulai dari Diri - Modul 3.2"